Sesuai Target, TAPERA Akan Resmi Beroperasi Pada 2019

Informasi Tapera Terbaru - Tabungan Perumahan Rakyak atau di singkat Tapera ditargetkan akan beroperasi pada 2019, tidak memberikan bulan apa yang pasti namanya target akan tetap dikerjakan. Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lana Winayanti mengatakan saat ini pemerintah tengah melakukan seleksi komisioner BP Tapera yang ditargetkan dapat selesai maksimal 85 hari dari hari ini atau sekitar bulan Juni 2018.

"Panitia seleksi baru mulai hari ini, diharapkan setelah komisioner terpilih akan diusulkan dan diangkat presiden. Tapi kita harapkan sih secepatnya, 85 hari maksimal dari kick off hari ini," ujarnya di Kementerian PUPR, Kamis (22/3/2018).




Lana menyebutkan keanggotan panitia seleksi ini terdiri dari pejabat Kementerian PUPR, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Sekretariat Negara, perwakilan akademis, dan perwakilan profesi. Komisioner yang nantinya terbentuk, lanjut Lana, akan melakukan penataan organisasi BP Tapera seperti menyeleksi direksi dan mengurus pengalihan karyawan dari Bapertarum PNS.

"Kan nanti Bapertarum PNS bubar, karyawannya dialihkan menjadi karyawannya BP Tapera, tentunya ada assesment lagi untuk mereka di posisi mana, jadi itu memang ada transisi harus dijalankan sampai BP Tapera beroperasi penuh," kata dia.

Lana menjelaskan kehadiran Tapera ini akan lebih menguntungkan pekerja dibandingkan Taperum PNS, salah satunya karena jumlah iuran yang lebih besar yaitu sebesar 3% dari gaji pokok peserta per bulan yang dapat digunakan untuk pembiayaan perumahan. 

Pada tahap awal ini, ujar Lana, peserta Tapera masih diperuntukkan bagi PNS. Namun, kedepannya Tapera juga bisa diperuntukan bagi TNI, Polri, pegawai BUMN, dan BUMD.

Referensi : https://www.cnbcindonesia.com/news/20180322185609-4-8222/bp-tapera-ditarget-beroperasi-2019


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda