Sayarat & Kriteria Mendapatkan Pembiayaan Rumah Dari Tapera

Apa Sayarat Dan Kreteria Calon Peserta Tapera Untuk Mendapatkan Pembiayaan Perumahaan Dari Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)? - Pada halaman sebelumnya telah kami sebutkan ketentuan peserta Tapera Persyaratan Khusus Dan Ketentuan Peserta Tapera, silahkan kilk untuk membacanya, Pada halaman ini Syarat dan kreteria sehingga pantas perserta mendapatkan pembiayaan rumah dari Tapera. Anda dapat baca pada UU Tapera bagian ke empat tentang pemanfaatan dana Tapera, tepatnya pada pasal 27 ayat 1.

Sebagaimana kita ketahui pemanfaatan dana Tapera ini untuk pembiayaan perumahan bagi Peserta, kecuali warga negara asing, yang dapat dilakukan dengan mekanisme sewa beli yaitu meliputi pemilikan rumah pertama, pembangunan rumah dan perbaikan rumah bagi yang sudah punya rumah.


Pasal 27

1. Untuk mendapatkan pembiayaan perumahan, Peserta harus memenuhi persyaratan:
  • a. mempunyai masa kepesertaan paling singkat 12 (dua belas) bulan;
  • b. termasuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah;
  • c. belum memiliki rumah; dan/atau
  • d. menggunakannya untuk pembiayaan kepemilikan rumah, pembangunan rumah, atau perbaikan rumah pertama.
2. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan BP Tapera.

Perlu anda ketahui, untuk mendapatkan pebiayaan perumahaan ini tentunya ada kreteria lagi yang harus dipenuhi para peserta Tapera yang dapat anda baca pasal berikutnya...


Pasal 28

1). Untuk mendapatkan pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25, BP Tapera mengatur penilaian kelayakan Peserta oleh Bank atau Perusahaan Pembiayaan.

2). Pembiayaan perumahan bagi Peserta dilaksanakan dengan urutan prioritas berdasarkan kriteria:
  • a. lamanya masa kepesertaan;
  • b. tingkat kelancaran membayar Simpanan;
  • c. tingkat kemendesakan kepemilikan rumah; dan
  • d. ketersediaan dana pemanfaatan.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai urutan prioritas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan RP Tapera.

Baca Juga : Pengelolaan Dan Pengerahan Dana Tapera
Demikianlah Syarat dan kreteria untuk amndapatkan pembiayaan dari Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda