Tentang Program Sejuta Rumah Oleh Pemerintah

Jakarta 13/10/2016 - Berita Tapera Terbaru - Informasi mengenai Program sejuta Rumah Oleh Pemerintah - Target pemerintah membangun satu juta rumah nampaknya masih jauh dari realisasi target. Maurin menyatakan, hingga saat ini baru terbangun sekitar 410 ribu unit yang terdiri dari 90 ribu unit untuk komersial dan 320 ribu unit untuk MBR

Adapun, dana yang dikeluarkan oleh pemerintah tahun ini yakni Rp12,4 triliun, sedangkan untuk tahun depan pemerintah mengalokasikan dana sekitar Rp15,6 triliun. Namun, angka tersebut masih dalam proses pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


Selain pembiayaan tersebut, pemerintah juga menyediakan lokasi untuk penyediaan rumah sekitar Rp10 triliun. Namun, penyediaan ini bukan untuk kepemilikan, melainkan sewa. "Jadi Rp15,6 triliun itu adalah pembiayaan untuk membantu MBR memiliki rumah," pungkasnya.

Sementara itu kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin,  untuk mencari angka pasti jumlah rumah murah yang berhasil dibangun, Syarif mengaku telah meminta anak buahnya untuk terus mengumpulkan data terkait pembangunan dari kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, serta perusahaan yang juga ikut melakukan pembangunan rumah bagi masyarakat.

Syarif menyebut, lokasi pembangunan rumah murah yang disponsori pemerintah ada di Jawa Barat, disusul Banten.

Meskipun realisasi pembangunannya masih separuh dari target, Syarif berharap para pemangku kepentingan perumahan tetap bersemangat melaksanakan pembangunan rumah bagi masyarakat khususnya MBR.

“Kami tetap berharap pembangunan rumah bisa lebih baik pencapaiannya dari tahun lalu. Ya minimal hingga tiga bulan ke depan bisa lebih dari 700 ribu unit rumah terbangun,” katanya.

Reverensi: http://www.cnnindonesia.com/


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda