Sudah Sewajarnya Target Tapera Beroperasi Penuh Pada 2018

Info Terbaru Tapera - Undang Undang Tapera telah ditanda tangani pada 24 maret 2016 jadi sudah sewajarnya pemerintah mempunyai target pada 2018 nanti harus sudah beroperasi entah itu awal tahun ataupun pertengahan tahun 2018. hal ini sesuai UU Tapera yang tertulis pada pasal 80 - 81 yaitu "BP Tapera mulai beroperasi penuh paling lambat 2 (dua) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan. Peraturan pelaksanaan dari undang-undang ini harus telah ditetapkan paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak undang- Undang ini diundangkan".

Hal ini senada dengan ucapan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus menjawab pers di Jakarta, "Kami yakin bahwa targetnya Tapera dapat direalisasikan mulai 2018 karena ada tindakan dan rencana aksi yang jelas,"

Target Tapera Beroperasi Penuh Pada 2018
Menurut dia, salah satu tindakan (action plans) yang sedang ditempuh oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan adalah menyusun peraturan pemerintah sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera).

Disebutkan, peraturan yang dibutuhkan dalam rangka realisasi UU Tapera meliputi peraturan pemerintah, peraturan badan pengelola tapera (BP Tapera) aturan presiden dan keputusan presiden.

Selanjutnya, kata Maurin, dalam rangka realisasi UU Tapera, pemerintah akan melibatkan pengusaha dalam menentukan besaran iuran Tapera, yang akan ditetapkan melalui peraturan pemerintah.

"Terlibatnya pengusaha dalam menetapkan besaran Iuran Tapera merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam membantu karyawannya mendapatkan rumah," katanya.


Baca Juga: Ternyata Pemerintah Membutuhkan Rp500 Triliyun Untuk Pembiayaan Perumahan

Disebutkan, dalam UU itu, keanggotaan Tapera Wajib bagi pekerja, pekerja mandiri dan pekerja asing yang telah memegang visa dan bekerja di Indonesia. Bagi pekerja mandiri dengan upah dibawah upah minimum, keanggotaan Tapera bersifat suka rela.

"Keanggotaan Tapera berakhir apabila meninggal dunia, telah pensiun, telah mencapai usia 58 tahun bagi pekerja mandiri dan tidak memenuhi lagi kriteria sebagai peserta selama lima tahun berturut turut," kata Maurin.


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda