Bertahap Pemerintah Mulai Menyusun Peraturan Pemerintah Tentang Tapera

Info Update Tapera - Disamping adanya Undang Undang Tapera, pemerintah saat ini juga mulai menyusun peraturan pemerintah sebagai amanat dari UU Tapera. “Sebagai amanat dari UU Tapera nanti akan ada peraturan pemerintah, peraturan badan pengelola tapera, aturan presiden dan keputusan presiden,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitaurus saat acara Bincang Infrastruktur Bersama Media dengan tema "Undang-Undang Tapera", Kamis (3/2), di Kantor Kementerian PUPR.

Kami kutip dari dinas pekerjaan umum bahwa Undang - Undang Tapera merupakan salah satu bentuk Pemenuhan kewajiban dari negara untuk menjamin penenuhan kebutuhan warga negara atas tempat tinggal yang layak dan terjangkau dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya, berjati diri, Mandiri dan produktif berdasarkan Undang - Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.


Dikatakan, Tapera menghimpun dana dari peserta Tapera yaitu setiap warga negara Indonesia dan warga negara asing yang bekerja di Indonesia yang memegang visa dan bekerja selama 6 bulan. "Ini artinya kepersertaan Tapera meliputi pekerja formal dan informal dan sifatnya wajib", tuturnya.

 "Nantinya, bukan hanya para pekerja saja yang harus menjadi peserta Tapera dan membayar iuran, akan tetapi pemberi kerjapun harus membayar iuran Tapera, namun besaran iuran Tapera akan diatur dalam Peraturan Pemerintah", tambahnya.

Selanjutnya, Maurin mengatakan bahwa semakin banyak dana yang terkumpul di Tapera maka akan semakin banyak yang dapat dibantu oleh Tapera untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pada bagian lain Maurin mengatakan, untuk besaran iuran pemerintah akan hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai faktor terutama mengenai situasi dan kondisi perekonomian Nasional dan ketenagakerjaan yang ada di Indonesia agar Pengelolaan Tapera ini berhasil melaksanakan misinya untuk menyediakan bantuan pembiayaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendapatkan rumah yang layak. “Jadi untuk besarannya pemerintah tentunya nanti akan terbuka dengan melihat jangka pendek dan jangka Panjang”, tegasnya.

Sementara itu Direktur Utama Bapertarum-PNS Heroe Soelistiawan mengatakan bahwa, Persiapan Bapertarum-PNS menuju Tapera sudah di mulai akhir Tahun 2013 dengan fokus pembenahan Sistem dan Teknologi, Organisasi Personalia, Tata Kelola Keuangan serta Perbaikan Bisnis Model untuk persiapan Transformasi menjadi Tapera yang semula ditargetkan selesai ditahun 2014.

Tugas dari  Bapetarum-PNS menurut Heroe yakni,  untuk mensosialisasikan  tidak hanya untuk Pemda/Instansi/PNS, tetapi juga kepada Pengembang maupun Bank. Berdasarkan data BKN hasil PUPNS Tahun 2015, dapat diketahui jumlah PNS yang belum memiliki rumah adalah sebanyak 964.463 PNS.

“Dari jumlah tersebut setelah dilakukan verifikasi oleh Bapertarum maka diketahui yang layak (berpeluang) untuk mendapat layanan Bapertarum sebanyak 756.591 PNS. Dengan adanya data ini sangat membantu dalam penyiapan penyaluran dari sisi demand”, ungkapnya.

Dikatakan, Bank BTN adalah mitra utama Bapertarum-PNS sejak awal berdirinya Bapertarum-PNS tahun 1993.  Namun sejak tahun 2014  Bapertarum-PNS  telah menjalin kerjasama dengan 9 BPD, Bank BRI dan BRI Syariah dan, Bank BNI, Bank Mandiri,  untuk menyalurkan pembiayaan perumahan bagi  PNS. “Bahkan saat ini masih ada 11 BPD dan 2 bank swasta nasional yang sedang dalam penjajakan kerjasama. Dengan hal ini diharapkan PNS memiliki banyak pilihan channel distribution”, ujarnya.
<< Baca Juga: Sosialisasi Tapera Akan Di Lakukan Secara Intensif >>
Sampai dengan Januari 2016  menurutnya, sebanyak 50 lokasi perumahan yang telah direkomendasi oleh Bapertarum-PNS dan di mediasi baik dengan Pengembang, Bank maupun calon pembeli PNS.  Hal ini menjadi penting untuk mendorong agar lebih banyak lagi Pengembang yang mau membangun perumahan untuk PNS.   Pada saat yang sama PNS mendapat rumah dengan harga yang layak serta kemudahan pengurusan kredit KPR, dibandingkan PNS mencari rumah secara sendiri-sendiri.


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda