Laporan Pengelolaan Program Tapera

Kapan Bp Tapera Memberikan Laporan Keuangan Program Tapera? Dan Melalui apa laporan itu? - Karena ini program pemerintah yang mencakup hajat hidup orang banyak maka Bp Tapera harus terbuka dan transparan dalam menjalankan sistem keuangan dan pengelolaan program Tapera, dan laporan itu tentunya disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Disamping itu Bank Kustodian dan Manajer Investasi juga wajib menyampaikan laporanya.

Untuk lebih jelasnya aturan pelaporan program Tapera ini bisa anda baca pasal 67 dan 68 UU Tapera, disana tertulis dengan jelas yaitu;

Pasal 67 

(1) BP Tapera wajib menyampaikan laporan pengelolaan program dan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh akuntan publik kepada Komite Tapera paling lambat tanggal 30 Juni tahun berikutnya.

(2) Periode laporan pengelolaan program dan laporan keuangan tahunan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dimulai dari 1 Januari sampai dengan 31 Desember.

(3) Bentuk dan isi laporan pengelolaan program sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diusulkan oleh BP Tapera setelah berkonsultasi dengan Komite Tapera.

(4) Laporan keuangan BP Tapera sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

(5) Laporan pengelolaan program dan laporan keuangan tahunan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipublikasikan dalam bentuk ringkasan eksekutif melalui media massa elektronik dan melalui paling sedikit 2 (dua) media massa cetak yang memiliki peredaran luas secara nasional, paling lambat tanggal 31 Juli tahun berikutnya.

(6) Bentuk dan isi publikasi sebagaimana dimaksud pada ayat (5) ditetapkan oleh Komisioner.

(7) Ketentuan mengenai bentuk dan isi laporan pengelolaan program sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Peraturan BP Tapera setelah disetujui Komite Tapera.

Pasal 68 

Bank Kustodian dan Manajer Investasi wajib menyampaikan laporan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Undang-Undang ini kepada BP Tapera.

<< Baca Juga: Hak Dan Kewajiban Peserta Tapera >>
Begitulah sistempelaporan progaram Tapera menurut Undang Undang Tapera, nantikan informasi lainya yang tak kalah pentingnya dari kami.


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda