Ketentuan Pemanfaatan Dana Tapera Untuk Pembiayaan Perumahan

Pemanfaatan Dana Tapera - Bagaimana Ketentuan Pemanfaatan dana Tapera Untuk Pembiayaan Perumahan Bagi Peserta Tapera? - Halaman ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Boleh digunakan apa saja dana Tapera?. Untuk menggunakan dana Tapera ini tentu saja harus memenuhi kriteria dan prioritas tertentu sehingga pemanfaatanya tepat sasaran dan memang benar benar layak untuk mendapatkan lebih dahulu. Untuk ketentuan-nya bisa anda baca pada pasal 28 sampai 31 dibawah ini...


Pasal 28
(1) Untuk mendapatkan pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25, BP Tapera mengatur penilaian kelayakan Peserta yang dilakukan oleh bank atau perusahaan pembiayaan.
Ketentuan Pemanfaatan Dana Tapera Untuk Pembiayaan Perumahan

(2) Pembiayaan perumahan kepada Peserta dilakukan dengan urutan prioritas berdasarkan kriteria:
  • a. lamanya masa kepesertaan;
  • b. tingkat kelancaran membayar Simpanan;
  • c. tingkat kemendesakan kepemilikan rumah; dan
  • d. ketersediaan dana pemanfaatan.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai urutan prioritas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan RP Tapera.

Pasal 29
(1) Pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 disalurkan melalui Bank atau Perusahaan Pembiayaan yang ditunjuk oleh BP Tapera.

(2) Dalam penyaluran pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bank atau Perusahaan Pembiayaan memperoleh dana dari Bank Kustodian dan menyerahkan aset berupa efek kepada Bank Kustodian dalam nilai yang sama.

(3) Penyaluran pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang diatur BP Tapera.

(4) Mekanisme sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditetapkan setelah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan.

Pasal 30
Bank atau Perusahaan Pembiayaan wajib melaporkan pelaksanaan penyaluran pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 kepada BP Tapera dan Bank Kustodian.

Pasal 31
Ketentuan lebih lanjut mengenai penyaluran pembiayaan perumahan dan pelaporannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 dan Pasal 28 diatur dengan Peraturan BP Tapera.

Pada tahap ini kita sudah selasai membahas tentang kepesertaan Tapera, dana tapera dan pengelolaan dana Tapera, Pada halaman selanjutnya kita akan mengulas secara tuntas Badan Pengelola Tapera mengenai status dan kedudukan, tugas, fungsi, wewenang juga semuanya.


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda