Tujuan Dan Asas Berdirinya Tapera - Tabungan Perumahan Rakyat

Info TaperaApa tujuan dan azaz adanya Program Tapera? - Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini kita bisa lihat pada BAB II pasal 2 dan 3, disana anda bisa lihat dengan jelas apa tujuan dibentuknya program tabungan perumahan rakyat juga asas Tapera. Sebagaimana program Bpjs kesehatan Tapera ini berazaskan gotong royong, yang mampu dan kuat dalam segi keuangan-nya membantu yang lemah.

Sebenarnya sudah lama UU Tapera ini direncanakan oleh pemerintahan SBY tapi banyak pengusaha yang keberatan karena akan adanya potongan selain pajak penghasilan, apa lagi sekarang Bpjs Kesehatan juga sudah berjalan lebih dahulu yang tentunya akan menambah beban bagi pengusaha, tapi karena ini menyangkut hak warga negara untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak maka UU Tapera mulai bisa di sahkan 23 februari 2016 kemarin.

Dengan adanya UU tapera ini tentu saja pemerintah sangat terbantu, walaupun sebelumnya pemerintah mengeluarkan dana terlebih dahulu tapi setidaknya beberapa tahun mendatang akan lebih ringan karena program ini mulai dijalankan. Kembali ke topik awal, untuk mengetahui tujuan dan asas progrma Tapera ini silakan baca selengkapnya di bawah ini...


Tapera


BAB II
ASAS DAN TUJUAN TAPERA
Pasal 2

Tapera dikelola berasaskan:

a. kegotong-royongan;
Yang dimaksud dengan “gotong royong” adalah memberikan landasan dalam pengerahan dana tabungan perumahan rakyat adanya kewajiban yang sama antara masyarakat berpenghasilan rendah, sedang, dan tinggi untuk membayar sejumlah iuran tabungan perumahan rakyat dan bagi yang membutuhkan rumah dapat memanfaatkan tabungan perumahan rakyat tersebut terlebih dahulu.

b. kemanfaatan;
Yang dimaksud dengan “kemanfaatan” adalah bahwa memberikan landasan dalam pengelolaan tabungan perumahan rakyat harus memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan rumah.

c. nirlaba;
Yang dimaksud dengan “nirlaba” adalah bahwa pengelolaan Tapera tidak untuk mencari keuntungan, namun mengutamakan penggunaan hasil pengembangan dana untuk memberikan manfaat seluruhnya bagi Peserta.

d. kehati-hatian;
Yang dimaksud dengan “kehati-hatian” adalah memberikan landasan dalam pemupukan dan pemanfaatan dana tabungan perumahan rakyat adanya kewajiban bagi institusi pengelola agar waspada dan siaga dalam setiap tindakan pemanfaatan dana.

e. keterjangkauan dan kemudahan;
Yang dimaksud dengan “keterjangkauan dan kemudahan” adalah memberikan landasan agar hasil pembangunan di bidang perumahan dan kawasan permukiman dapat dijangkau dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat serta mendorong terciptanya iklim yang kondusif dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah mampu memenuhi kebutuhan dasar akan perumahan dan permukiman.

f. kemandirian;
Yang dimaksud dengan “kemandirian” adalah memberikan landasan agar hasil pemanfaatan tabungan perumahan rakyat dapat membentuk masyarakat yang mandiri sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasar akan perumahan dan permukiman.

g. keadilan.
Yang dimaksud dengan “keadilan” adalah bahwa memberikan landasan agar hasil pengerahan tabungan perumahan rakyat dapat dinikmati secara proporsional dan merata bagi seluruh rakyat untuk memperoleh rumah yang layak huni.

h. keberlanjutan;
Yang dimaksud dengan “keberlanjutan” adalah bahwa kegiatan Tapera dapat berlangsung secara terus-menerus, berkesinambungan, untuk mencapai tujuan Tapera.

i. akuntabilitas;
Yang dimaksud dengan “akuntabilitas” adalah memberikan landasan dalam pengelolaan dana tabungan perumahan rakyat harus dilakukan secara bertanggung jawab dalam setiap tindakan pengelolaan dana dimaksud.

j. keterbukaan;
Yang dimaksud dengan “keterbukaan” adalah memberikan landasan dalam pengelolaan dana tabungan perumahan rakyat harus dilakukan secara transparan dan mudah diakses oleh masyarakat dalam setiap tindakan pengelolaan dana dimaksud.

k. portabilitas;
Yang dimaksud dengan “portabilitas” adalah bahwa Tabungan Perumahan Rakyat dimaksudkan untuk memberikan jaminan yang berkelanjutan meskipun peserta berpindah pekerjaan atau tempat tinggal dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

l. dana amanat.
Yang dimaksud dengan “dana amanat” adalah bahwa dana yang terkumpul dari Simpanan peserta merupakan titipan kepada penyelenggara untuk dikelola sebaik-baiknya dalam rangka mengoptimalkan dana tersebut untuk kesejahteraan peserta.

< Baca Juga: Apa itu Tapera - Tabungan Perumahan Rakyat >

Pasal 3

Tapera bertujuan untuk:

  1. menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang bagi pembiayaan perumahan yang terjangkau;
  2. memenuhi kebutuhan peserta terhadap perumahan;
  3. memberikan kemudahan kepada peserta dalam mengakses pembiayaan perumahan;
  4. memberikan kepastian hukum kepada peserta dalam mendapatkan pembiayaan perumahan; dan
  5. memberikan perlindungan kepada Peserta dalam mendapatkan pembiayaan perumahan.
Itulah asas dan tujuan berdirinya program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), pada halaman selanutnya akan kami jelaskan tentang Pengelolaan dana tapera.


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda