Persyaratan Dan Ketentuan Peserta Tapera

Kepesertaan Tapera - Apa Saja Persyaratan Untuk Menjadi Peserta Tapera, Kapan Masa Kepesertaan Berakhir & Apa Yang Akan di Dapat - Sebenarnya sorang pekerja atau karyawan perusahaan jika ia sudah menginjak usia dewasa atau sudah menikah, mereka sudah punya rencana untuk memiliki sebuah rumah. Itu impian semua orang, namun karena keadaan dan fasilitas kurang mendukung sehingga gaji yang ia terima selama ini tidak disimpan dan akhirnya habis begitu saja.

Dengan di sahkan Undang undang Tapera ini sebuah kebahagiaan tersendiri untuk mereka yang belum memiliki rumah. Uang yang selama ini dia habiskan untuk keperluan yang tidak jelas akan tersimpan dan menjadi investasi dimasa mendatang. lalu apa saja persyaratan untuk menjadi peserta Tapera ini?


Persyaratan Dan Ketentuan Peserta Tapera
Yang pasti setiap warga negara setelah ia bekerja dan mendapatkan upah minimum serta usia sekurang kurangnya 20 tahun atau sudah menikah wajib menjadi peserta Tapera baik ia bekerja dalam sebuah perusahaan sebagai karyawan atau bekerja secara mandiri. Persyaratan dan ketentuan ini kita bisa lihat pada Undang Undang Tapera dari pasal 7 sampai pasal 16

Kepesertaan Tapera

Pasal 7

(1) Setiap Pekerja dan Pekerja Mandiri yang berpenghasilan paling sedikit sebesar upah minimum, wajib menjadi Peserta.

(2) Pekerja Mandiri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang berpenghasilan di bawah upah minimum dapat menjadi Peserta. 

(3) Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) telah  berusia paling rendah 20 (dua puluh tahun) atau sudah kawin pada saat mendaftar.

Pasal 8

Peserta sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 menjadi pemilik unit investasi.

Pasal 9

(1) Pekerja sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat 3 wajib didaftarkan oleh pemberi Kerja.

(2) Pekerja Mandiri sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat (1) dan ayat (2) harus mendaftarkan dirinya sendiri kepada BP Tapera untuk menjadi peserta.

Pasal 10

(1) Peserta diberikan nomor identitas kepesertaan.

(2) Nomor identitas kepesertaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digunalan sebagai bukti kepesertaan, pencatatan administrasi, Simpanan, dan akses informasi Tapera.

(3) Bukti kepesertaan sebagaimana dimaksud pada ayat l2l berupa unit penyertaan investasi.

Pasal 11

Peserta dibuatkan rekening individu yang menggambarkan saldo Simpanan Peserta.

Pasal 12

Dalam hal pekerja sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat (1).berpindah tempat bekerja atau dimutasi, pemberi Kerja baik yang lama maupun yang baru wajib melaporkan-nya kepada Bank Kustodian.

Pasal 13

(1) Kepesertaan dinyatakan nonaktif jika peserta tidak membayar Simpanan.

(2) Kepesertaan dapat diaktifkan kembali setelah peserta melanjutkan pembayaran Simpanan.

Pasal 14

(1) Kepesertaan Tapera berakhir karena:
  • a. Telah pensiun bagi pekerja;
  • b. Telah mencapai usia 58 (lima puluh delapan) tahun bagi Pekerja Mandiri;
  • c. Peserta meninggal dunia; atau 
  • d. Peserta tidak memenuhi lagi kriteria sebagai peserta selama 5 (lima) tahun berturut turut.
(2) Peserta yang berakhir kepesertaannya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berhak memperoleh pengembalian Simpanan dan hasil pemupukannya.

(3) Hasil pemupukan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperoleh setelah dilakukan pembagian secara prorata.

(4) Simpanan dan hasil pemupukan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) wajib diberikan paling lama 3 (tiga) bulan setelah kepesertaannya dinyatakan berakhir.

Pasal 15

Peserta yang berakhir kepesertaannya karena telah pensiun atau telah mencapai usia 58 (lima puluh delapan) tahun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (1) huruf a dan huruf b dapat kembali menjadi Peserta.

Pasal 16

Ketentuan lebih lanjut mengenai kepesertaan Tapera sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 sampai dengan pasal 15 diatur dalam Peraturan Pemerintah.

<< Baca Juga: Pengelolaan dan pengerahan dana Tapera >>
Itulah pembahasan kita kali ini yaitu tentang Persyaratan Untuk Menjadi Peserta Tapera, Kapan Masa Kepesertaan Berakhir & Apa Yang Akan di Dapat. Jika kurang jelas silakan baca dengan cermat, soalnya setiap pasal saling berkaitan jika anda mengulangi membacanya pasti paham Itulah pembahasan kita kali ini yaitu tentang Persyaratan Untuk Menjadi Peserta Tapera, Kapan Masa Kepesertaan Berakhir & Apa Yang Akan di Dapat. Jika kurang jelas silakan baca dengan cermat, soalnya setiap pasal saling berkaitan jika anda mengulangi membacanya pasti paham


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda