Pengembangan Dan Pemupukan Dana Tapera

Pengelolaan Dana Tapera - Bagaimana sistem pengembangan, pemupukan & peningkatan dana Tapera - Dalam rangka peningkatan dan pengembangan dana Tapera yang telah diterima dan disimpan pada Bank Kustodian sehingga akan bertambah jumlah dana yang ada, pemerintah dalam hal ini Badan Pengelola Tapera akan mengatur dan mengadakan pemupukan dana dengan prinsip konvensional atau bisa juga Syariah.

Tentu saja hal ini pesertalah yang akan menentukan sistem yang mana yang akan ia pilih, konvensional ataukah Syariah. Pejelasan selengkapnya bisa anda baca pada UU Tapera Bab III dari pasal 21 sampai pasal 23...

Pemupukan Dana Tapera

Pasal 21

(1) Pemupukan Dana Tapera dilakukan untuk meningkatkan nilai Dana Tapera.
(2) Pemupukan Dana Tapera sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan prinsip konvensional itau prinsip syariah.
(3) Pemupukan produk keuangan dengan prinsip konvensional sebagaimana dimaksud paaa ayat (2) berupa:
  • a. deposito perbankan;
  • b. surat utang pemerintah pusat;
  • c. surat utang pemerintah daerah;
  • d. surat berharga di bidang perumahan dan kawasan permukiman; dan/ atau
  • e. bentuk investasi lain yang aman dan menguntungkan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undan gan.
(4) Pemupukan produk keuangan dengan prinsip syariah sebagaimana dimaksud pada ayat (21berupa:
  • a. deposito perbankan syariah;
  • b. surat utang pemerintah pusat (sukuk);
  • c. surat utang pemerintah daerah (sukuk);
  • d. surat berharga syariah di bidang perumahan dan kawasan permukiman; dan/atau
  • e. bentuk investasi lain yang aman dan menguntungkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai mekanisme dan tingkat hasil pemupukan Dana Tapera sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan ayat (4) diatur dalam peraturan Pemerintah.

Pasal 22

Peserta Tapera dapat memilih prinsip pemupukan dana sesuai dengan prinsip konvensional atau prinsip syariah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21.

Pasal 23

  1. Dalam rangka pemupukan Dana Tapera, Manajer Investasi dan Bank Kustodian melakukan kontrak investasi kolektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Manajer Investasi yang ditunjuk oleh Bp Tapera melakukan investasi pada instrumen investasi yang aman dan menguntungkan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Mekanisme pemupukan Dana Tapera diatur dengan Peraturan BP Tapera.
  4. Manajer Investasi sebagaimana dimaksud pada ayat (21) memiliki hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Itulah isi dari Uandang undang Tapera dari pasal 19 sampai 21 yang membahas tentang pengembangan atau pemupukan dana Tapera sehingga akan meningkatkan jumlah dana yang ada. Pada Bab selanjutnya akan kita bahas mengenai pemanfaatan dana Tapera bagi para peserta.


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda