Pengelolaan Dan Pengerahan Dana Tapera

Pengelolaan Dana TaperaBagaimana dengan pengelolaan dan pengerahan dana Tapera - Dana Tapera yang telah terkumpul yang berasal dari para pekerja penerima upah maupun bukan penerima upah (mandiri) dan juga para pemberi kerja akan dikelola oleh Badan Pengelola Tapera (BP Tapera yang disimpan di Bank Kustodian. Pada BAB III undang undang pasal 4 Tapera secara umum:

  • (1) Pengelolaan Tapera dilaksanakan untuk menjamin tercapainya tujuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ( klik artikel sebelumnya) secara efektif dan efisien.
  • (2) Pengelolaan Tapera sebagaimana dimaksud pada ayat 1 (diatas) dilaksanakan dengan memperhatikan kebijakan di bidang perumahan dan kawasan permukiman.

Pengelolaan Dan Pengerahan Dana Tapera

Untuk pengelolaan Tapera (pasal 5)  meliputi:

a. pengerahan Dana Tapera;
Yang dimaksud dengan “pengerahan Dana Tapera” adalah kegiatan pengumpulan Simpanan dari Peserta.

b. pemupukan Dana Tapera;
Yang dimaksud dengan “pemupukan Dana Tapera” adalah segala upaya untuk memberikan nilai tambah atas Dana Tapera melalui investasi pada instrumen investasi sesuai peraturan perundang-undangan.

c. pemanfaatan Dana Tapera.
Yang dimaksud dengan “pemanfaatan Dana Tapera” adalah kegiatan pemanfaatan Dana Tapera untuk pembiayaan perumahan bagi Peserta.

Sedangkan pengerahan dana Tapera (pasal 6):

  • (1) Pengerahan Dana Tapera dilakukan untuk pengumpulan dana dari Peserta.
  • (2) Dana yang dikumpulkan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 (diatas ini) disimpan oleh Bank Kustodian.
Itulah isi dari BAB III pasal 4 - 6 yang membahas tentang  pengelolaan dan pengerahan dana Tapera, pada halaman selanutnya akan dibahas tentang kepesertaan Tapera, tetaplah bersama kami untuk mendapatkan informasi tentan Tapera yang original dari UU Tapera


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda