Digunakan Apa Saja Dana Tapera?

Pemanfaatan Dana Tapera - Boleh digunakan apa saja dana Tapera? - Jika mau menyadari akan pentingnya dana Tapera ini, banyak manfaat yang dapat anda ambil walaupun anda sudah memiliki rumah. Sebab tujuan utama bukan hanya untuk kepemilikan rumah tetapi sekaligus pemeliharaan rumah seperti renovasi rumah, yang anda miliki masa' mau begitu saja rumah anda, suatu saat anda pasti ingin lebih layak lagi sebab semakin bertambah usia maka bertambah pula jumlah anak kita dan ini memerlukan ruangan baru lagi.

Untuk pembiayaan penbangunan dan pemeliharaan anda sudah tidak perlu hutang sana dan sini, cukup dari tapera saja. Tapi ingat aturanya hanya untuk 1 pilihan, jika anda belum punya rumah berarti manfaatnya untuk membeli rumah jika ingin perbaikan berarti biaya sendiri, untuk anda yang sudah memiliki rumah ketika masuk menjadi peserta bisa anda gunakan untuk renovasi rumah yang ada. Untuk lebih jelasnya aturan dari pemanfaatan dana Tapera ini bisa anda lihat pasal 24 sampai 27 Undang Undang Tapera dibawah ini...


Pemanfaatan Dana Tapera



Pasal 24
(1) Pemanfaatan Dana Tapera dilakukan untuk pembiayaan perumahan bagi Peserta.

(2) 
Pemanfaatan Dana Tapera sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikecualikan bagi Peserta warga negara asing.

(3) Pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh Bank atau Perusahaan Pembiayaan.


Pasal 25
(1) Pembiayaan perumahan bagi Peserta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 meliputi pembiayaan:

  • a. pemilikan rumah; - Yang dimaksud dengan “pemilikan rumah” adalah pembelian rumah oleh Peserta dari badan penyedia perumahan atau pengembang lain baik BUMN maupun swasta.
  • b. pembangunan rumah; - Yang dimaksud dengan "pembangunan rumah" adalah pembangunan rumah di atas tanah miliknya sendiri atau tanah milik orang lain yang layak dijaminkan berdasarkan perjanjian dengan pemilik tanah.
  • c. perbaikan rumah. - Yang dimaksud dengan "perbaikan rumah" adalah perbaikan rumah milik sendiri di atas tanah miliknya sendiri atau tanah milik orang lain yang layak dijaminkan berdasarkan perjanjian dengan pemilik tanah.
(2) Pembiayaan perumahan bagi Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai ketentuan:
  • a. merupakan rumah pertama;
  • b. hanya diberikan 1 (satu) kali; dan
  • c. mempunyai nilai besaran tertentu untuk tiap-tiap pembiayaan perrrmahan.
(3) Rumah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa rumah tunggal, rumah deret, rumah susun, atau penyebutan lain yang setara.


(4) Rumah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa rumah tunggal, rumah deret, rumah susun, atau penyebutan lain yang setara.

(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai pembiayaan perumahan dan nilai besarannya sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan BP Tapera.


Pasal 26
(1) Pembiayaan kepemilikan rumah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (1) huruf a dapat dilakukan dengan mekanisme sewa beli.

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai mekanisme sewa beli diatur dengan Peraturan BP Tapera.


Pasal 27
(1) Untuk mendapatkan pembiayaan perumahan, Peserta harus memenuhi persyaratan:

  • a. masa kepesertaan paling singkat 12 (dua belas) bulan;
  • b. termasuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah;
  • c. belum memiliki rumah; dan/atau
  • d. menggunakan-nya untuk pembiayaan kepemilikan rumah, pembangunan rumah, atau perbaikan rumah pertama. 
(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan BP Tapera.

Begitulah aturan dari pemanfaatan dana Tapera, pada halaman selanjutnya akan kami jelaskan ketentuan bagi yang ingin Pemanfaatan-nya untuk Pembiayaan Perumahan


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda