Berapa Jumlah Setoran Dana Tapera Dan Bagaimana Mekanismenya

Dana Tapera - Berapa Besarnya Jumlah Setoran Dana Tapera? Dan Bagaimana Mekanisme Pembayaran-nya? - Sebagaimana kita tau program Tapera ini memerlukan dana untuk kemajuan program ini yang berasal daru para pesertanya baik ia pekerja penerima upah dan pekerja mandiri, Pada RUU Tapera besaran Simpanan Peserta ditetapkan paling banyak sebesar 3% (tiga persen) dari:
  • Gaji atau Upah paling banyak sebesar 20 kali upah minimum untuk Peserta 
  • Penghasilan rata-rata per bulan dalam satu tahun takwim sebelumnya paling banyak sebesar 20 kali upah minimum untuk Peserta 
  • Besaran simpana ditanggung bersama oleh Peserta sebesar 2,5% dan Pemberi Kerja sebesar 0,5%
Namun kenyataan-nya jumlah iuran ini belum ditentukan karena pada UU Tapera yang sudah ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo pada 24 maret 2016 bahwa Ketentuan mengenai besaran Simpanan Tapera diatur dalam Peraturan Pemerintah, intinya masih dapat di ubah. Maka kita tunggu saja PP yang mengatur iuran Tapera ini yang pasti paling lambat 2 tahun kedepan sudah di terbitkan.


Jumlah Setoran Dana Tapera
Jumlah Setoran Dana Tapera
Untuk mekanismenya bisa anda lihat UU tapera pasal 17 samapai 20 yaitu;

Pasal 17

(1) Simpanan Tapera dibayar oleh pemberi Kerja dan Pekerja.

(2) Ketentuan mengenai besaran Simpanan Tapera sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Pasal 18

(1) Pemberi Kerja wajib mernbayar Simpanan yang menjadi kewajibannya dan memungut Simpanan yang menjadi kewajiban Pekerjanya yang menjadi peserta.

(2) Pemberi Kerja wajib menyetorkan Simpanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ke dalam rekening Peserta yang dikelola oleh Bank Kustodian.

(3) Pekerja Mandiri wajib menyetor sendiri Simpanan yang menjadi kewajiban-nya ke dalam rekening peserta yang dikelola oleh Bank Kustodian.

(4) Bank Kustodian sebagaimana dimaksud pada ayat (21 dan ayat (3) memiliki hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 19

Bank Kustodian wajib mencatat penerimaan Simpanan ke dalam rekening tiap-tiap Peserta.

Pasal 20

(1) Tata cara pembayaran Simpanan diatur dengan Peraturan BP Tapera.

(2) Simpanan Peserta pada Bank Kustodian dikelola sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

<< Baca Juga: Persyaratan Dan Ketentuan Peserta Tapera >> 
Itulah isi dari Undang undang Tapera pasal 17 sampai 20  yang merupakan jawaban dari pertanyaan jumlah setoran dana Tapera yang belum ditetapkan sekaligus mekanisme/ketentuan pemyetoran dana Tapera ke Bank Kustodian. Jika PP yang mengatur Iuran dana Tapera sudah di tetapkan akan kami Update secepatnya


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda